Top Recent View

Blognakal

Carissa Putri

Carissa Putri, dan Bahasa Arab

Carissa Putri   (foto:KPL)
Carissa Putri (foto:KPL)

Menjalani syuting film Ayat-Ayat Cinta selama empat bulan menjadikan Carissa Putri sedikit mahir berbahasa Arab. Perannya sebagai Maria Girgis, seorang mahasiswi Universitas Al-Azhar, Mesir, yang sering berdialog dengan bahasa Arab, cukup membuatnya tergugah untuk melancarkan kemampuan berbahasa Arabnya.

Kalau ditilik latar belakangnya, Carissa memang tidak punya garis keturunan Timur Tengah. Orangtuanya berdarah asli Indonesia dan Jerman. Namun, bahasa Arab yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi itu justru mampu membuat Carissa ingin menekuni bahasa itu lebih dalam.

Sayang, niatnya itu masih terhalang oleh jadwal promo film yang dibintanginya.

"Bahasa Arab kalau kita pelajari itu gampang-gampang susah. Karena ada penekanan yang harus cepat dan menggunakan gesture tubuh. Pengen banget sih belajar, tapi belum ada waktunya juga. Kalau memang ternyata udah nggak ada jadwal apapun dan udah ada waktu luang. Cuma sekarang belum bisa terwujud, tuturnya.

Kepiawaian Carissa berdialog dalam bahasa Arab bukan tanpa hambatan. Selama kurang lebih dua bulan, cewek kelahiran Frankfurt, Jerman, 12 September 1984 ini melakoni proses reading bersama Rianti Cartwright dan Fedi Nuril serta pemain lainnya di film tersebut. Selama dua bulan itulah ia belajar melafalkan serta memahami bahasa tubuh khas Arab.

" Bahasa Arab, kalau ngomong sama cowok atau cewek itu beda. Misalnya sama cewek tunggu sebentar `ista`ani`, tapi kalau sama cowok `ista`ana. Trus harus ada gesture tubuhnya jadi macam-macem lah," jelasnya.

Sebagai seorang muslimah, wajar memang bila Carissa ingin fasih berbahasa Arab. Pasalnya, kelancarannya berbahasa Arab baru sebatas perannya di film besutan sutradara Hanung Bramantyo itu. Sementara dalam bahasa keseharian, ia mengaku angkat tangan.

"Kalau misalkan kita kumpul sama kru-kru semua, kadang masih pakai bahasa Arab. Tapi aku gak ngerti-ngerti banget. Kalau untuk belajar bahasa Arab sendiri saya tertarik, karena bagaimanapun saya seorang muslimah. Jadi saya seneng kalau bisa bahasa Arab dan fasih," pungkasnya.

0 Comments:

Post a Comment



Hot Recent View

 

blogger templates | Make Money Online